RPP Rencana Pelaksanaan Pembelajaran K13 Terbaru Bahasa Inggris Teks Surat Pribadi FKIP UNS dari Guru untuk Siswa
For you!
Postingan ini berisikan RPP atau RPP Rencana Pelaksanaan Pembelajaran K13 Terbaru Bahasa Inggris tentang Teks Surat Pribadi yang dibuat oleh mahasiswa FKIP UNS (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan). Pada
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran K13 terbaru bahasa Inggris tentang teks surat pribadi ini terdapat skenario pembelajaran yang dapat dipraktekkan oleh para calon guru.
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran K13 terbaru bahasa Inggris tentang teks surat pribadi ini terdapat skenario pembelajaran yang dapat dipraktekkan oleh para calon guru.
--------------------------------------
Mata Pelajaran: Bahasa Inggris
Satuan Pendidikan: SMA / SMK
Kelas / Semester: XI / 2
Materi Pokok: Teks surat pribadi
Alokasi Waktu: 2 x 45 Menit
A. Kompetensi Dasar dan Indikator
3.6 Membedakan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks khusus dalam bentuk surat pribadi dengan memberi dan menerima informasi terkait kegiatan diri sendiri dan orang sekitarnya, sesuai dengan konteks penggunaannya.
3.6.1 Siswa mampu mencari perbedaan fungsi sosial (tujuan komunikatif), struktur teks dan unsur kebahasaan terkait teks surat pribadi dalam menjalin hubungan interpersonal dan akademik antar peserta didik, guru dan sekolah.
3.6.2 Siswa mampu mencari perbedaan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada teks surat pribadi dan surat yang bersifat bukan pribadi (surat resmi).
3.6.3 Siswa mampu mengidentifikasi unsur kebahasaan dalam teks surat pribadi.
3.6.4 Siswa mampu mengidentifikasi ungkapan dan kosa kata yang lazim digunakan dalam teks surat pribadi
3.6.5 Siswa mampu mengidentifikasi bagian-bagian (struktur teks) pada teks surat pribadi.
4.6 Menyusun teks khusus dalam bentuk surat pribadi terkait kegiatan diri sendiri dan orang sekitarnya, lisan dan tulis, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan, secara benar dan sesuai konteks
4.6.1 Siswa mampu menyebutkan kosakata terkait teks surat pribadi.
4.6.2 Siswa mampu menyusun kalimat dengan spelling, grammar dan punctuation yang benar.
4.6.3 Siswa mampu membuat outline dalam menyusun teks surat pribadi sesuai konteks dengan menggunakan bahasa yang jelas dan mudah dipahami.
4.6.4 Siswa mampu mengembangkan outline menjadi suatu teks surat pribadi.
4.6.5 Siswa mampu menyusun teks surat pribadi dengan struktur dan pola kalimat yang benar.
A. Skenario Pembelajaran
Pengetahuan:
1. Siswa membaca, mengamati contoh teks surat pribadi yang di tunjukkan oleh guru, berfokus pada fungsi sosialnya. (Siswa menyebutkan fungsi social teks surat pribadi)
2. Siswa membaca dan mengamati 2 contoh teks surat yang berbeda (Pribadi dan Non-Pribadi)
3. Siswa membaca, mengamati contoh teks surat yang di tunjukkan oleh guru, berfokus pada unsur kebahasaan. (Siswa menyebutkan karakteristik/sifat bahasa yang digunakan pada teks surat pribadi)
4. Siswa membaca, mengamati contoh teks surat yang di tunjukkan oleh guru, berfokus pada struktur teks. (Siswa menyebutkan bagian-bagian pada teks surat pribadi)
5. Siswa menyimak dan mengamati ulasan guru tentang nama bagian-bagian yang terdapat pada teks surat pribadi (Konfirmasi)
6. Siswa mengamati, menganalisa dan mengutarakan pendapat/menyebutkan perbedaan teks surat pribadi dan non-pribadi dari segi unsur kebahasaan dan struktur teks.
7. Siswa mengutarakan pendapat/menyebutkan ciri-ciri teks surat pribadi (darikosa kata, grammar, tata bahasa, tanda baca, dsb)
8. Siswa menyimak dan mengamati ulasan guru tentang perbedaan teks surat pribadi dan non-pribadi (Konfirmasi)
9. Siswa menyimak dan mengamati ulasan guru tentang ciri-ciri surat pribadi. (Konfirmasi)
Kerja dalam grup, setiap grup terdiri atas 3 orang dan mendapat 1 contoh teks surat pribadi.
1. Siswa membaca, mengamati, menganalisa tekss urat pribadi, juga memberi tanda atau menuliskan nama bagian teks pada teks surat pribadi.
2. Siswa membaca hasil analisa yang yang mereka temukan kepada guru dan teman-teman.
3. Siswa mendengarkan konfirmasi jawaban dari guru yang berkaitan tentang teks yang diberikan.
Keterampilan:
Pre-
1. Siswa diberi situasi untuk membuat 1 teks surat pribadi yang dikerjakan bersama-sama satu kelas dengan bimbingan guru.
2. Siswa menyebutkan danmenuliskanbeberakosa kata yang terkait dengan situasi tekssuratpribadiyang diberikan guru.
3. Siswa bersama sama membuat outline dari teks suratpribadi.
4. Siswa mengembangkan outline teks surat pribadi dengan bimbingan guru.
5. Siswa mendengarkan dan mencermati konfirmasidari guru tentang teks surat pribadi yang telahdi buat.
Whilst
6. Setiap siswa mendapat 1 situasi dari Guru untuk membuat teks surat pribadi
7. Siswa menentukan dan menuliskan beberapa kosa kata yang berkaitan dengan situasi yang mereka terima.
8. Siswa membuat outline daritekssuratpribadi
9. Siswa diberi kesempatanuntukm enanyakan kosa kata dan outline yang telah mereka buat kepada guru.
10. Siswa mengembangkan outline yang telah mereka buatmenja disebuaht ekssurat pribadi.
Post
11. Siswa mempresentasikan teks surat pribadi yang mereka buat kepada Guru dan teman-teman.
12. Siswa mendapat konfirmasidari Guru tentang teks surat pribadi yang telah mereka buat
Review
1. Siswa menyebutkan apa yang telah mereka pelajari hari itu
2. Siswa menyebutkan topic apa yang di pelajari hari itu
3. Siswa diminta menyebutkan apa saja karakteristik yang terdapat pada teks suratpribadi seperti tujuan, bagian-bagian penting, dan kosa kata yang digunakan.
Semoga Rencana Pelaksanaan Pembelajaran K13 terbaru bahasa Inggris tentang teks surat pribadi ini dapat bermanfaat bagi kalian para pembaca. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran K13 terbaru bahasa Inggris tentang teks surat pribadi ini dapat digunakan untuk melatih kreatifitas dalam membuat RPP dan juga model pembelajaran. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran K13 terbaru bahasa Inggris tentang teks surat pribadi ini merupakan tugas wajib bagi seorang calon guru sebelum mengajar.
0 Response to "RPP Rencana Pelaksanaan Pembelajaran K13 Terbaru Bahasa Inggris Teks Surat Pribadi FKIP UNS dari Guru untuk Siswa"
Posting Komentar