-->

Tips Membuat Recount Text Yang Baik 2

https://arsipmkks.blogspot.com

Pada postingan sebelumnya, saya telah menuliskan tips membuat recount text yang baik. Di postingan kali ini, saya akan memberikan tips membuat recount text yang baik part 2. Kali ini materi berupa apa saja yang harus kalian lakukan di setiap bagian pada recount text. Apa yang kalian harus explore pada recount text. Apa yang tidak boleh terlewatkan dan apa yang harus di tambahkan pada pembuatan recount text. Tips membuat recount text yang baik ini sangat sederhana dan cukup mudah bagi pemula yang ingin membuat recount text. Pada postingan saya tentang tips membuat recount text yang baik  ini mungkin juga dapat kalian adaptasi untuk suatu presentasi.

Silakan membaca dan memahami !

Recount text adalah salah satu jenis tulisan dalam bahasa Inggris. Recount text adalah jenis tulisan yang bertujuan untuk menceritakan kembali suatu peristiwa atau kejadian. Jenis tulisan ini dapat digunakan dalam hal pemberitaan atau dalam hal hiburan. 

Generic Structure dalam recount text adalah:
• Orientation
Pada paragraf awal ini dijelaskan hal-hal umum mengenai peristiwa yang akan diceritakan. Biasanya paragraf ini berisi siapa yang terlibat, apa yang terjadi, di mana peristiwa itu terjadi, dan kapan peristiwa itu terjadi.
• Events
Bisa terjadi dalam beberapa paragraf, ini untuk menceritakan secara kronologis mengapa dan bagaimana peristiwa itu dapat terjadi.
• Reorientation
Paragraf akhir ini sifatnya optional, terserah dari penulis apakah ingin menulis bagian reorientation ini atau tidak. Inti dari paragraf ini adalah sebagai penutup dari peristiwa atau kesimpulan dari peristiwa yang diceritakan. Penulis juga dapat menyisipkan komentar pribadi mengenai peristiwa tersebut.

1. INTRODUCTION
      WHO? Siapa yang melakukan kejadian
    WHAT? Apa saja yang dilakukan?
 WHERE? Dimana kejadian itu terjadi?
   WHEN? Kapan kejadian itu terjadi?
     WHY? Apa tujuan dari kegiatan itu? Kenapa bisa? Apa alasannya?

2. MAIN BODY
- Tulis ceritamu dalam beberapa paragraf
- Gunakan kata penghubung untuk mengurutkan kejadian
- Tulis apa saja yang terjadi pada kejadian itu
- Tulislah kegiatan/kejadian secara urut
- Pastikan kalian menggunakan pilihan kata yang tepat untuk menceritakan suatu kejadian

3. MAIN BODY TIPS
- Gunakan pilihan kata/diksi yang tepat mendukung terjadinya suatu kejadian.
- Tulis apa saja yang terjadi dalam suatu kejadian
- Gunakan kata penghubung dalam pergantian suatu kejadian
- Buatlah ceritamu dalam beberapa paragraf
- Tulis ceritanya berdasarkan urutan kejadian

4. MENYIMPULKAN PARAGRAF
- Tulis apa yang membuat tokoh/penulis senang. Bisa juga tulis perasaan yg mendalam setelah melakukan kejadian-kejadian di cerita
- Ringkaslah/review sedikit gabungan kejadian2 yg tokoh/penulis alami
- Tulis pelajaran apa saja yang didapat dari kejadian-kejadian di cerita
- Kalian bisa menuliskan suatu rekomendasi tentang suatu kegiatan/kejadian agar pembaca mungkin juga bisa merasakannya/ingin mencoba


Kata penghubung atau conjucntion yang dapat kalian gunakan dalam menulis Recount Text!

Have you read it? Hope you enjoy it!
Tips membuat recount text yang baik ini bisa menjadi pemanasan sebelum kalian semua menggoreskan tinta atau menekan tombol pada laptop kalian. Baca pula tips membuat narrative yang baik tentang pengganti kata 'said' agar tulisan kalian lebih variatif. 
Jika ada pertanyaan tentang apapun yang berhubungan dengan sekolah atau kuliah, saya akan mencoba menjawab! Tulislah di kolom komentar yaa, semoga tips membuat recount text yang baik ini bermanfaat!

0 Response to "Tips Membuat Recount Text Yang Baik 2"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel