-->

Tips Menulis Cerita Pendek Indonesia Inggris


    Saya akan membagikan tips menulis cerita pendek baik dalam Bahasa Indonesia ataupun Bahasa Inggris. Cerita pendek atau sering disingkat sebagai cerpen adalah suatu bentuk prosa naratif fiktif. Cerita pendek ini dapat meningkatkan kreatifitas kalian dan juga meningkatkan skill menulis kalian. Dalam bahasa Inggris, cerita pendek dapat berupa narrative text atau recount text! Tips menulis cerita pendek yang saya tulis ini sangat simple dan mudah untuk dilakukan guys, silakan membaca!

    1. Kalian tidak perlu membuat sesuatu yang ‘original’, yang terpenting adalah ceritamu itu menarik atau tidak. 
     Konten cerita yang kamu buat itu sangat penting, karena sebenarnya itulah yang paling di perhatikan oleh pembaca ;)

2. Pastikan karakter di cerita pendek kalian jelas. Jika kalian membuat cerita pendek dalam Bahasa Inggris, kalian cukup membuat 2 karakter utama dan pertahankan merka dalam ceritamu (satu perempuan dan satu laki-laki).
     Dalam cerita pendek Indonesia, buatlah karakter dengan nama yang mudah di ingat, dan dalam cerita pendek bahasa Inggris, dengan adanya 2 karakter utama perempuan dan laki-laki, pembaca akan tau kata ganti (sheatau he) yang kamu tulis itu tertuju untuk siapa.

 3. Buatlah rencana / draft untuk bagian awal (prolog) dan akhir (ending), pastikan kamu akan membuatnya dengan singkat/pendek!
    Cerita / informasi paling utama akan terjadi di bagian tengah karena di situ lah hal-hal dan kejadian akan terjadi, juga di situ pula terpaparkan perasaan dan pemikiran suatu karakter. 

4. Buatlah rencana / draft pemecahan masalah sebelum menuliskannya di ending.  
     Cerita pendek / cerpen yang bagus bisa membuat pembaca membayangkan dan memikirkan bagaimana suatu masalah akan di selesaikan (endingnya gimana setelah baca bagian tengah)

 5. Buatlah rencana / draft kalimat akhir. 
     Sebuah akhir / ending suatu cerita pendek dengan kalimat atau susunan kata yang ‘memukul’ atau ‘nendang’ bisa membuat pembaca tersenyum, disinilah saatnya menjadi original! 

 6. Pastikan pembaca tetap mendapat informasi tentang apa yang karaktermu pikirkan atau rasakan.
     Para pembaca tidak bisa membaca pikiranmu, tidak bisa membaca pikiran karaktermu. Jadi tuliskanlah agar pembaca tau dan mengerti :p

7. Jangan membuat banyak kalimat dengan kata yang sama! 
    Baca lagi tulisan kalian, teliti lagi apakah ada banyak kata yang sama, atau bisa diganti dengan kata lain. Terdapat banyak kata yang sama pada cerita pendek bisa membuat pembaca bosan. 

8. Masukan beberapa percakapan atau kalimat langsung yang di katakan oleh karakter (jangan lupa dengan tanda baca yang benar), dan setidaknya terdapat pula kalimat tidak langsung.
     Ada banyak kata yang bisa di gunakan dalam Bahasa Indonesia, contohnya ‘kata..’, ‘jawab..’, ‘balas..’. Jika kalian membuat cerita pendek dalam Bahasa Inggris, gunakan kata yang bervariatif dalam menggantikan kata ‘said’. Cek Postingan kata pengganti said.

9. Jika kamu merasa masuk ke jalan buntu dalam penulisan, atau istirahat sebentar saat sedang menulis, gunakan waktu itu untuk membaca ceritanya dengan pelan. Bacalah, bersuara, tapi pelan. 
    Ini akan berguna untuk mengetahui apakah kalimat yang kalian tulis itu benar atau tidak, cocok atau tidak, enak atau tidak. 

10. Gunakan waktu luangmu untuk mengkoreksi cara penulisan kata. 
   Sama halnya dengan Bahasa Inggris, kalian juga harus mengecek apakah kata yang kalian tulis sudah benar penulisannya atau belum.

11. Pastikan memakai tanda baca dengan benar! 
    Tanda tanya, titik, koma, tanda seru, apapun tanda bacanya di cerita pendek mu diposisikan dengan benar agar maknanya benar.

12. Sisakan dan gunakan setidaknya 5 menitmu!    
    Cek kembali cerita pendek kalian untuk mengetahui poin-poin atau target tulisan yang kamu tuliskan. (Semua yang ingin kamu ceritakan sudah dituliskan atau belum)

12 tips menulis cerita pendek baik dalam Bahasa Indonesia atau Bahasa Inggris sudah saya berikan di postingan ini! Saya harap ini bisa membantu kalian dalam menulis cerita pendek...

  BACA PULA TIPS MEMBACA EFEKTIF

0 Response to "Tips Menulis Cerita Pendek Indonesia Inggris"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel