-->

Tips Menulis Narrative Text, Beberapa Kata yang bisa digunakan untuk menggantikan "Said"

Tips Menulis Narrative Text
https://arsipmkks.blogspot.co.id/ 

Di postingan ini saya akan berbagi tips menulis narrative text atau bisa juga di gunakan dalam jenis text lain yang terdapat suatu percapakan didalamnya. Terkadang kalian pasti bingung kenapa banyak sekali menuliskan kata ‘said’ disetiap percakapan, dietiap pembicaraan, disetiap karakter itu berkata. Sebenarnya ada beberapa pilihan kata yang bisa kalian gunakan untuk menggantikan kata ‘said’, pilihan kata ini berfungsi sama (sebagai pertanda ucapan seseorang), namun konteks penggunaannya berbeda dan dapat disesuaikan dengan situasi yang ada. Penggunaan kata yang variatif juga akan menampah poin plus pada karya kalian. Dalam postingan tips menulis narrative text ini saya akan memberikan beberapa kata untuk menambah kosa kata kalian juga. Selain tips menulis narrative text, postingan ini mungkin juga akan bermanfaat untuk menulis recount text!
Berikut pilihan kata yang bisa kalian gunakan dalam karya kalian!


https://arsipmkks.blogspot.co.id/ 


1. Explained, bisa diartikan sebagai menjelaskan. Digunakan untuk suatu subject/karakter yang mengutarakan sesuatu.
Contoh: The teacher explained,” The word synonym means similar to.”


2.  Answered, bisa diartikan sebagai menjawab. Digunakan untuk suatu subject/karakter yang menjawab suatu pertanyaan.
“I don’t know,” answered the boy.


3. Groaned, artinya rintihan.Digunakan untuk seorang karakter yang berbicara sembari sedang merasakan sakit atau menahan rasa sakit (biasanya) secara fisik.
The man groaned, “I’ve hurt my knee.”


4.  Spluttered, bisa di artikan berbicara dengan gemetar/gugup. Digunakan untuk karakter yang merasakan ketidak percayaan akan suatu hal.
What have you done?" spluttered Dad.


5.  Whispered, artinya berbisik. Digunakan untuk seorang karakter yang berbicara dengan suara pelan (sambil berbisik-bisik)
Everyone in the library had to whisper.


6.  Panted, bisa diartikan sebagai nafas yang terengah-engah. Digunakan untuk seorang karakter yang berbicara dengan nafas yang tidak teratur, biasanya terjadi saat karakter mengalami kejadian atau kegiatan yang melelahkan.
“I’m tired,” panted the runner.


7.  Yelled, bisa diartikan sebagai berteriak. Digunakan untuk karakter yang berbicara dengan nada berteriak.
“Foul!!” yelled the ref.


8.  Grunted, bisa diartikan sebagai mendengkur/menggerutu. Digunakan untuk karakter yang berbicara dengan nada yang tidak begitu jelas layaknya sedang menggurutu.
“Where is my tea?” grunted Grandma.


9.  Uttered, bisa diartikan sebagai mengucapkan/mengatakan. Digunakan oleh karakter yang berbicara tanpa harus di jawab/respon oleh orang-orang yang mendengarnya.
“Let us pray,” uttered the Pastore.


10.  Moaned, bisa diartikan sebagai mengeluh. Digunakan oleh karakter yang kurang setuju dengan suatu topik tertentu sehingga terdengar seperti keluhan. Bisa digunakan untuk karakter yang sedang badmood.
The children moaned,” We hate homework.”


 11. Chat, bisa diartikan sebagaiobrolan/percakapan. Digunakan untuk karakter yang sedang mengobrol dan obrolannya didengarkan oleh orang lain. Bisa juga di artikan sebagai ‘percakapan’ yang di kirimkan melalui media komunikasi dunia maya seperti WhatsApp/Line.
“She’s such an amazing girl, right?”, chatted her.


12.  Laughed, bisa diartikan sebagai tertawa. Digunakan untuk karakter yang berbicara sambil tertawa.
“That joke was funny,” laughed Ben.

Be creative with those words!
Mungkin jika ada yang kurang jelas dengan paparan yang sudah saya tulis, bisa bertanya melalui kolom komentar, jika ada yang ingin request tentang tips pelajaran (terutama bahasa Inggris) juga bisa silakan beri tau saya ;)

Semoga tips menulis narrative text ini bermanfaat!

0 Response to "Tips Menulis Narrative Text, Beberapa Kata yang bisa digunakan untuk menggantikan "Said""

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel