-->

Download Panduan Managemen Data Pokok Pendidikan ( DAPODIK ) 2018/2019 LPMP, Dinas Pendidikan Propinsi, Kabupaten, dan Kota

Download Panduan Managemen Data Pokok Pendidikan ( DAPODIK )  2018/2019 LPMP, Dinas Pendidikan Propinsi, Kabupaten, dan Kota - Dapodik merupakan singkatan dari Manajemen Data Pokok Pendidikan yang mana aplikasi ini dirilies untuk seluruh sekolah dibawah naungan Dinas Pendidikan yang mana meliputi jenjang PAUD, TK, SD, SMP, SMA, dan SMK, aplikasi ini untuk mendata seperti Data Sekolah, Data Sarpras, Data Siswa, Data Guru, Rombongan Belajar, dan semua yang berada di sekolah wajib dimasukkan ke Aplikasi Dapodik ini.


Pergantian tahun ajaran dari 2017/2018 menjadi 2018/2019 pasti aplikasi ini selalu berubah, dari segi versi dan untuk versi tahun 2018/2019 akan dirilies pada tanggal 17 Agustus 2018. Aplikasi Dapodik ini sangat berguna untuk LPMP dan Dinas Pendidikan Provinsi, Kabupaten, dan Kota untuk menunjang pelayanan Data Pokok Pendidikan didaerahnya masing-masing. Untuk itu tugas dan fungsi unit kerja pengurusan Dapodik juga berbeda beda diantaranya :


  • LPMP : Mempunyai tugas sebagai unit yang memverifikasi serta menvalidasi pada manajemen pengguna dibawah Dinas Pendidikan Provinsi, Kabupaten serta Kota, dan bukan hanya itu saja Unit LPMP ini juga ikut  mengawal kualitas data Dapodik di sekolah.
  • Dinas Pendidikan : Juga mempunyai tugas dan fungsi kedinasan yang menyesuaikan dalam Permendikbud Nomor 79 Tahun 2015 mengenai Dapodik.
Dinas Pendidikan akan menata kembali akun pengguna Dapodik supaya lebih aman dan rapi dan untuk LPMP sendiri akan membantu menverifikasi untuk proses pendaftaran akun pengguna baru untuk Dinas Pendidikan Provinsi, Kabupaten, serta kota yang mana satu dengan lainnya saling tersinkron dengan baik. 

Dibawah ini adalah bagan dimana untuk mensinkronkan Dapodik LPMP dengan Dinas Pendidikan :

Bagan diatas sudah jelas sekali mulai dari alur 1 sampai 6 yang mana untuk alur :
  1. LPMP dan Dinas Pendidikan akan mendapatkan surat langsung dari pusat mengenai pengelolaan aplikasi Dapodik untuk disebarkan ke Sekolah dibawah naungan masing-masing.
  2. Dan DInas Pendidikan membalas surat mengenai daftar nama Operator Sekolah ke LPMP untuk diberikan datanya ke Pusat.
  3. LPMP akan melakukan input data, menverifikasi dan akan mengirimkan tautan registrasi online kepada Dinas Provinsi
  4. Tugas Sekolah akan melakukan registrasi online yang mana ada ketentuannya maksimal operator yang di daftarkan sebanyak 4 Operator.
  5. Maka Pusat akan mengirimkan pasword dengan melalui sistem ke surel sekolah yang terdaftar.
  6. Dengan kelengkapan data tersebut pusat akan merekap data dari Dinas Pendidikan yang sudah dan belum terverifikasi.

CARA LOGIN KE MANAJEMEN DATA PENDIDIKAN

  • Setelah anda berhasil login akan ada beberapa menu yang dapat digunakan sebagai pengguna LPMP. Menu-menu tersebut diantaranya:

Menu dashboard :  Pengguna dapat melihat data utama yang ditampilkan seperti jumlah sekolah per jenjang, siswa baru, siswa, guru, rombongan belajar, ruang kelas, jumlah siswa yang lulus, mengulang, dan putus sekolah.

Menu Data Pokok : Mempunyai beberapa sub-menu yang mana setiap Sub menu banyak yang ditampilkan diantaranya :
  • Sub-menu sekolah
  • Prasarana (milik)
  • Sarana
  • Buku dan alat
  • Pembelajaran
  • Rombongan belajar
  • Pendidik dan tenaga kependidikan
  • Peserta didik

Sekian artikel yang saya bahas mengenai Data Pokok Pendidikan alias Dapodik ini dan semoga sangat bermanfaat untuk anda sebagai pengguna Dapodik. Untuk mengenai panduannya anda bisa mendownloadnya dibawah ini :

0 Response to "Download Panduan Managemen Data Pokok Pendidikan ( DAPODIK ) 2018/2019 LPMP, Dinas Pendidikan Propinsi, Kabupaten, dan Kota"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel